Jumat, 13 April 2012

Cara Menentukan Masa Subur Wanita


Bagi anda yang telah memiliki istri dan ingin segera memiliki momongan atau anda ingin menunda memiliki momongan anda perlu tahu cara menetukan masa subur wanita.Lalu bagaimana cara menetukan masa subur wanita? sehingga anda tahu kapan istri sedang berada pada masa subur.
Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mengetahui siklus haid istri anda :
Kita ketahui bahwa wanita sehat mengalami haid setiap bulan sekali, yakni berulang siklusnya sekitar 28-30 hari. Tetapi hal ini juga bisa bervariasi ada yang singkat yakni 25 hari sekali bahkan ada yang panjang yaitu  35 hari sekali. Nah, anda harus tentukan istri anda termasuk setiap berapa hari mengulang siklusnya, dengan asumsi bahwa hari pertama siklus adalah hari pertama haid.
Yang perlu anda pahami juga, terdapat beberapa fase dalam satu sklus haid yaitu :
cara menetukan masa subur wanitaHaid hari ke 1-4
Fase ini disebut fase menstruasi - dimana pada fase ini darah haid keluar. Pada hari pertama haid datang, sebaiknya dicatat atau diberi tanda pada kalender agar tidak lupa nantinya. Sebaiknya ditandai untuk setiap bulannya.
masa subur wanitaHaid hari ke 5-13
Fase ini disebut sebagai fase follicular. Pada fasa ini, hormon estrogen meningkat. Ketika fase follicular ini, darah akan berkumpul di dinding rahim dan menebal untuk mempersiapkan diri menerima embrio. Sementara itu, di ovarium terdapat proses pematanagan telur atau ovum.
Haid hari ke 14
Fase ini disebut fase Ovulasi. Dimana pada fase ini ovarium mengeluarkan Ovum kedalam saluran reproduksi wanita. Inilah Masa Subur Wanitaapabila pada saat ini ovum bertemu dengan sel sperma maka akan terjadi pembuahan.
Haid hari ke 15-28
Fase ini disebut fase luteal atau fase secretory. Apabila tidak ada proses pembuahan maka progestron semakin berkurang, sehingga dinding rahim akan luruh dan terjadi menstruasi lagi, siklus haid kembali berulang. Namun apabila ada pembuahan makan terjadilah kehamilan.
Itulah cara Menentukan waktu subur wanita berdasarkan sistem kalender.
Cara Lain Untuk Mengetahui Waktu Subur WanitaSelain menentukan waktu subur wanita berdasarkan sistem kalender. Ada juga cara lain untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu melalui pemeriksaan tubuh wanita. Pada masa subur, suhu tubuh wanita akan naik sedikit, suhu pada waktu pagi hari bangun tidur. Terkadang terdapat lendir cair jernih yang keluar dari kemaluan akibat meningkatnya aktivitas hormon pada saat itu.
Kapan waktu terbaik berhubungan suami-istri agar cepat mendapat momongan?Oleh kerana telur atau ovum tidak mempunyai umur yang panjang dalam saluran reproduksi setelah terjadinya ovulasi (kira-kira 1-2 hari),  Maka kemungkinan untuk terjadi pembuahan terbatas. Namun sperma memiliki kelebihan.
Kelebihan atau kehebatan sperma yaitu ia dapat bertahan selama 3-5 hari dalam saluran reproduksi wanita. Ini berarti bahwa, jika anda ingin cepat mendapat momongan maka lakukanlah hubungan suami istri pada waktu 3 hari sebelum masa subur, atau 2 hari setelah masa subur yakni waktu antara hari ke 11-16 dari siklus haid.
Anda bisa mencoba setiap bulan untuk beberapa bulan kedepan apabila belum berhasil.
Kapan waktu terbaik berhubungan suami-istri agar Istri tidak hamil?Waktu terbaik berhubungan intim agar tidak hamil yaitu berhubungan intim saat istri tidak berada pada masa subur, yakni hindari hari ke 11-16 siklus haidnya.
Sekian artikel mengenai cara menentukan masa subur wanita. semoga bermanfaat.Description: Cara Menentukan Masa Subur Wanita Rating: 4.5Reviewer: Anev ItemReviewed: Cara Menentukan Masa Subur Wanita
Sobat suka artikel Cara Menentukan Masa Subur Wanita ini dan ingin meng copy? Silahkan asal cantumkan sumber, Jika ingin mendapat kiriman artikel terbaru secara Gratis masukkan email sobat dibawah. Terimakasih

Feed KabehInfoRELATED POST ON KEDOKTERAN , KESEHATAN , TIPS N TRIK
Create a Link◄ BackNext ►HomeJASA ADSENSEJasa AdSense INFO TERBARU POPULAR POSTS LIKES 0 comments — Skip to Comment BoxPost a Comment
Links to this post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar